Pages

Sejarah uang


Tahukah anda, sebelum di temukannya uang logam dan kertas seperti yang kita gunakan sekarang, dahulu masyarakat menggunakan emas dan perak sebagai uang. Lalu mengapa sekarang kita tidak lagi menggunakan uang dari emas dan perak? Sebelum mempelajari mengenai uang dan lembaga keuangan seperti yang kita kenal saat ini. Ada baiknya kita mengetahui asal usul uang atau sejarah uang.

Uang yaitu merupakan alat tukar dan alat pembayaran yang sah. Dimana pada masa-masa sebelumnya, pembayaran dilakukan dengan cara barter, yaitu barang ditukar dengan barang secara langsung.

Pada jaman dahulu, jual beli dilakukan dengan sistem barter. Barter adalah perdagangan yang dilakukan dengan cara tukar menukar barang, setelah barter orang mulai menggunakan alat pembayaran yang disepakati.
Sebelum menggunakan uang, orang menggunakan barang yang tertentu sebagai alat pembayaran, 
misalnya emas, perak, manik-manik, dan gigi binatang, dan lain-lain.

Pada zaman modern uang digunakan sebagai alat pembayaran. dengan menggunakan uang, manusia berusaha memenuhi kebutuhannya.
Contoh Barter:
Ada seseorang mempunyai beberapa ikan, tetapi ia ingin memiliki ayam. ada juga seseorang yang memiliki beberapa ekor ayam, tetapi ia ingin memiliki beberapa ikan. Kebetulan kedua orang tersebut saling bertemu dan setuju untuk mengadakan tukar menukar, yaitu beberapa ikan ditukarkan dengan seekor ayam
Pertukaran semacam ini dasarnya hanya suka sama suka dan bersifat kebetulan. Nilai seekor ayam juga hanya sama nilainya dengan beberapa ikan. Memang dalam pertukaran (barter) barang dengan barang (innatura), belum ada satuan ukuran nilai yang pasti.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © ........
WP by Simply WP |